Pesona Keindahan Al-Quran di Masjid Al-Amin


Masjid Raya Al-Amin, Perumnas Bumi Telukjambe, Karawang. 
Foto di atas saya ambil beberapa saat sebelum masuk waktu Shalat Magrib di Masjid Raya Perumnas Bumi Telukjambe, Minggu 27 Nopember 2016. Hati saya tergugah untuk membuat posting tentang masjid yang diberi nama Masjid Al-Amin ini, karena beberapa pengalaman mengesankan yang tak akan terlupakan, khususnya tentang Imam-Imam tetap yang ada. Sudah hampir dua tahun terakhir ini saya "jatuh cinta" pada masjid ini. Sebelumnya, dan sekarang juga masih, saya terpesona dengan sejumlah masjid lainnya, satu di antaranya adalah Masjid 'Aliyah, di Jln. Interchange Karawang Barat. 

Pesona keindahan masjid, di mata saya, atau di hati saya, atau sekalian di mata hati saya, adalah terutama terletak pada keindahan bacaan-bacaan Imam dalam setiap shalat, dalam hal ini shalat yang bacaan imamnya dilakukan secara jahr, antara lain seperti Maghrib, Isya dan Subuh. Imam tetap di Masjid Al-Amin ada tiga orang, yakni Ustadz Satrali, Ustadz Idang, dan Ustadz Sopyan. Ketiganya memiliki karakter suara yang berbeda, tetapi sama-sama mempesona. Setiap kali saya shalat berjamaah di sini (Masjid Al-Amin), kerinduan saya terhadap Masjidil Haram dan Masjid Nabawi seperti sedikit terobati. Keindahan Surat-Surat Makiyah maupun Madaniyah yang dibaca oleh Imam menembus lembut dalam relung-relung hati. Ini yang saya rasakan. Maka dari itu, ketika ada orang yang menistakan Al-Quran, saya anggap sebagai orang yang tidak waras.

Sisi interior Masjid Al-Amin, Perumnas BTJ, Karawang. 
Tiga orang Imam tetap di Masjid Al-Amin terjadwal secara teratur dengan sistem rotasi harian, dimulai dari Shalat Dhuhur hingga Shalat Subuh. Dengan sistem rotasi seperti ini, maka jamaah akan bertemu kembali dgn Imam yang sama setiap tiga hari sekali. Bagi jamaah yang rindu akan bacaan-bacaan Imam yang tartil dan indah mempesona, Masjid Al-Amin, Perumnas Bumi Telukjambe, bisa menjadi salah satu pilihan. Saya sangat merekomendasikan untuk bisa shalat berjamaah di sini. Dan untuk menikmati keindahan bacaan ketiga Imam Masjid Al-Amin, tentu saja harus menyesuaikan dengan sistem rotasi harian di atas.

Masjid Raya Perumnas Bumi Telukjambe ini masih dalam tahap finalisasi pembangunan. Bangunan utama Masjid dan area parkir sama-sama luas. Lebar keseluruhan bangunan Masjid kurang lebih 35 meter, saya ukur dari jumlah sebaris granit 60x60 cm sebanyak 69 unit yg membentang lurus dari sisi kanan hingga kiri masjid. Sementara panjang total bangunan Masjid (depan hingga belakang) kurang lebih 38 meter, dengan cara pengukuran yang sama. Lahan parkir lebih luas lagi,  perkiraan saya setara dengan satu setengah luas total bangunan Masjid.

Bagi yang gemar Travelling melalui Toll Jakarta Cikampek, untuk singgah di Masjid ini relatif mudah, cukup ambil jalur Exit Toll Karawang Barat, tetap lurus di Jln. Interchange,  ambil belokan masuk Gerbang Perumnas Bumi Telukjambe, dan tepat di sebelah kiri bundaran kedua berdiri kokoh Masjid Al-Amin,  Perumnas Bumi Telukjambe, Karawang. Navigasi lebih praktis bisa menggunakan aplikasi Google Map, atau aplikasi Waze. Barakallah. 


Pesona Keindahan Al-Quran di Masjid Al-Amin Pesona Keindahan Al-Quran di Masjid Al-Amin Reviewed by La Ode Ahmad on 05.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.