Pusat Penggerak dan Penyeimbang Kekuatan


Masjid Al-Amal Pemerintah Kabupaten Karawang. 

Foto di atas adalah hasil jepretan kamera ponsel saya beberapa saat yang lalu. Foto tersebut saya ambil beberapa saat usai melaksanakan Shalat Ashar secara berjamaah di masjid milik Pemerintah Kabupaten Karawang ini.

Dari sisi artistik masjid ini cukup anggun.Sudah sangat sering sebenarnya saya shalat di masjid ini. Tapi baru kali ini rupanya saya ingin berbagi perspektif tentang masjid yang dominan bercat putih ini. Posisi masjid yang diberi nama Masjid Al-Amal ini berada di pusat kawasan Kantor Bupati dan Kantor DPRD Kabupaten Karawang.  Yang menarik, jarak yang memisahkan Kantor Bupati dan Kantor DPRD setempat adalah sebuah lahan dimana Masjid Al-Amal ini berdiri kokoh. Dengan posisi seperti ini terbetik dalam hati saya sebuah perspektif bahwa Masjid Al-Amal adalah titik sentral penyeimbang kekuatan eksekutif dan legislatif.

Dengan perspektif tersebut, maka di antara kedua lembaga ini,  eksekutif dan legislatif,  tidak boleh ada yang lebih mendominasi atas yang lainnya, melainkan keduanya harus bergerak dalam ritme keseimbangan yang berpusat seluruhnya pada harmonisasi keluhuran nilai-nilai masjid. Di samping itu,  dengan nama "Al-Amal", masjid ini sekaligus seperti ingin menegaskan prioritas amal atau karya adalah cara mengejawantahkan amanah-amanah pemerintahan.

Oya, mengingat postingan ini sekedar memanfaatkan waktu-waktu menunggu dimulainya rapat anggaran dengan DPRD, sementara sudah ada tanda-tanda akan dimulai rapat tersebut,  maka saya mohon izin dulu untuk menutup postingan seluler ini. Sampai jumpa di momen-momen berharga lainnya. (La Ode Ahmad)

Pusat Penggerak dan Penyeimbang Kekuatan Pusat Penggerak dan Penyeimbang Kekuatan Reviewed by La Ode Ahmad on 01.44 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.